SELAMAT DATANG DI MAS YANI EDUCATION CENTER

Senin, 12 Juli 2021

Kontrak Belajar Akidah Akhlak Kelas XI Tahun Pelajaran 2021/2022 Semester Ganjil

 


Kepada Peserta didik Kelas XI MAN 11 Jakarta, bapak ucapkan selamat atas naik nya kalaian dari Kelas X sekarang manjadi kelas XI. Saya Handayani, S.Pd.I adalah guru Akidah Akhlak MAN 11 Jakarta. Agar Kegiatan Belajar Mengajar mata pelajaran Akidah Akhlak dapat berjalan lancar dibutuhkan komitmen peserta didik dan guru. Oleh karena itu peserta didik untuk membaca dan memahami serta melaksanakan kontrak Belajar yang telah dibuat ini.

Mohon dibaca informasi Kontrak Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Tahun Pelajaran 2021/2022 ini, dan klik link formulir di bawahnya untuk menyatakan persetujuan kalian.


KONTRAK BELAJAR

SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

KELAS XI (SEBELAS) MAN 11 JAKARTA

 

MATERI :

KD PENGETAHUAN (KI 3)

KD 3.1 Menganalisis latar belakang munculnya aliran-aliran kalam dalam peristiwa tahkīm.

KD 3.2 Menganalisis sejarah, tokoh utama dan ajaran pokok aliran-aliran ilmu Kalam: Khawarij, Syi’ah, Murji’ah, Jabariyah, Qadariyah, Mu’tazilah, Ahlussunnah wal Jama’ah (Asy’ariyah dan Maturidiyah).

KD 3.3  Menganalisis perilaku dan dampak negatif serta upaya menghindari dosa-dosa besar (membunuh, liwath, LGBT, meminum khamr, Judi, Mencuri, durhaka kepada orang tua, meninggalkan sholat, memakan harta anak yatim dan korupsi)

KD 3.4  Menganalisis adab dan manfaat berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

KD 3.5 Menganalsisi sifat-sifat utama Putri Rasulullah, Fatimah az-Zahra ra. dan Uwes al-Qarni

 

 

KD KETERAMPILAN (KI 4)

KD 4.1 Menyajikan hasil analisis tentanglatar belakang munculnya aliran-aliran kalam dalam peristiwa tahkīm.

KD 4.2 Menyajikan hasil analisis tentang sejaran, tokoh utama dan ajaran pokok aliran-aliran ilmu Kalam : Khawarij, Syi’ah, Murji’ah, Jabariyah, Qadariyah, Mu’tazilah, Ahlussunnah wal Jama’ah (Asy’ariyah dan Maturidiyah).

KD 4.3  Menyajikan hasil analisis tentang perilaku dan dampak negatif serta upaya menghindari dosa-dosa besar (membunuh, liwath, LGBT, meminum khamr, Judi, Mencuri, durhaka kepada orang tua, meninggalkan sholat, memakan harta anak yatim dan korupsi)

KD 4.4  Menyajikan hasil analisis tentang adab dan manfaat berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu

KD 4.5 Mengkomunikasikan contoh implementasi keteladanan Fatimah az-Zahrah ra. dan Uways al-     Qarni


TATA TERTIB (ATURAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DAN GURU)

 

KEWAJIBAN PESERTA DIDIK :

  1.      Hadir sesuai jadwal belajar Akidah Akhlak dengan menggunakan aplikasi online Google Meet / Zoom, Google Classroom, Whatsapp, e-learning MAN 11 Jakarta (menyesuaikan kondisi).
  2.  Harus dating tepat waktu, dispensasi waktu 10 menit dengan memberikan informasi kepada guru melalui whatsapp, chat pada google meet/zoom atau angkat tangan pada fitur Google Meet dan menunggu guru sampai memberikan waktu untuk berbicara menjelaskan keterlambatan.
  3. Mengisi presensi di E-Learning Madrasah tepat waktu.
  4. Mengikuti kegiatan pembelajaran dengan aktif, komunikatif serous, bertanggung jawab, bersikap sopan dan santun selama pembelajaran daring (PJJ) berlangsung.
  5. Wajib mengaktifkan video dan menonaktifkan audio atau suara pada saat guru sedang menjelaskan atau memberikan materi pelajaran. Video dapat dinonaktifkan bila terjadi kendala pada perangkat (berikan penjelasannya kepada guru), dan audio diaktifkan saat peserta didik bertanya atau diminta oleh guru untuk menjawab atau menjelaskan sebuah pertanyaan atau dalam mode pembelajaran diskusi,
  6.  Berpakaian seragam madrasah atau berpakaian rapih selama mengikuti kegiatan belajar di rumah atau pembelajaran jarak jauh sesuai ketentuan yang berlaku.
  7. Mengerjakan dan mengumpulkan tugas, serta engikuti kuis dan penilaian lainnya tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.
  8. Kehadiran PJJ pada mata pelajaran Akidah Akhlak minimal 90 % dari jumlah pertemuan selama 1 semester.

 

KEWAJIBAN GURU :

1.        Guru mengecek kehadiran peserta didik pada setiap pertemuan.

2.       Guru memberikan pelajaran dengan jadwal dan model pembelajran sesuai rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuatnya.

3. Guru mengoreksi dan memberikan nilai yang adil kepada peserta didik dengan kententuanpenilaian kognitif dan psikomotor (70%) dan PAT (30%)

4.   Guru memberikan reward dan punishment kepada peserta didik sesaui dengan peraturan belajar yang berlaku.



KENDALA :

1.         Peserta didik yang memiliki kendala berupa tidak memiliki netbook/computer atau minimnya fasilitas smartphone (tidak memiliki kuota, smathphone bergantian , smatphone rusak dll) wajib mengkomunikasikan kepada pihak Madrasah agar dapat dicarikan solusi kendalanya.

2.         Pengiriman tugas berlaku dalam 1 hari sebagaimana jadwal pelajaran pada hari tersebut, terkecuali atas komitmen dengan guru mata pelajaran dimaksud.

 

BENTUK-BENTUK SANKSI

 

1.       1 hari tidak mengikuti PJJ tanpa alasan/keterangan yang jelas maka akan mendapatkan teguran dan pembinaan dari Wali Kelas

2.      3 hari tidak mengikuti PJJ tanpa alasan/keterangan yang jelas maka akan mendapatkan teguran dan pembinaan dari Guru Bimbingan Konseling

3.      Lebih dari 3 hari tidak mengikuti PJJ tanpa alasan/keterangan yang jelas maka akan mendapatkan pembinaan dari Wakil Kepala Bidang kesiswaan dan membuat surat perjanjian tertulis di atas materai

4.  1 kali tidak mengerjakan tugas mata pelajaran dengan alasan yang tidak jelas  maka akan mendapatkan teguran dan pembinaan dari Guru mapel yang bersangkutan

5.  3 kali tidak mengerjakan tugas mata pelajaran dengan alasan yang tidak jelas maka akan mendapatkan teguran dan pembinaan dari Guru mapel yang bersangkutan dan wali kelas

6.    Lebih dari 3 kali tidak mengerjakan tugas mata pelajaran dengan alasan yang tidak jelas maka akan mendapatkan teguran dan pembinaan dari wali kelas dan guru BK





ISI FORMULIR 

KONTRAK BELAJAR


Capaian Pembelajaran Kelas XII 2024

  Assalamualaikum wr.wb  Selamat pagi anak-anakku yang sholih dan sholihah , mudah-mudahan kita semua dalam keadaan sehat wal afiat sehingga...